Kiprah PBB Banten dalam Penanganan Bencana

PBB Banten


PBB MENANGKAN JOKOWI-MARUF -- Bencana tsunami di pesisir Banten membuat Partai Bulan Bintang (PBB) ikut bertindak. Mereka mengirim bantuan logistik terhadap sejumlah pengungsi akibat tsunami yang menerpa kawasan pantai barat, Banten dan Lampung.

Sekjen PBB Afriansyah Ferry Noor mengungkapkan, PBB menjadi yang pertama memberi bantuan pada pengungsi di Desa Kosambironyok, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Di sana, pihaknya juga mendirikan posko bantuan bersama pengurus DPW dan DPC PBB Banten.

“Ada logistik makanan, minuman, selimut, dan bahan-bahan yang memang dibutuhkan warga korban,“ kata Ferry dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/12).

Dia menerangkan, saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah respons cepat dari sejumlah pihak untuk menanggulangi keadaan pascatsunami. Sebisa mungkin warga pengungsi diutamakan sehingga tidak terlantar. “Kita sama-sama bergandeng tangan, dan kami terus koordinasi dengan petugas dan teman-teman lapangan,” ungkapnya.

Dia mengakui bahwa hingga kini masih terdapat beberapa tempat pengungsi yang sama sekali belum tersentuh bantuan. Karena itu, pihaknya akan berupaya memperluas jangkauan bantuan sembari berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. “Saya juga dengar seperti di Bulakan Cinangka dan sekitarnya belum ada masuk. Mudah-mudahan tidak lama lagi bisa tersentuh,” harapnya.

Tak lupa, Ferry juga menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam dari Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra serta berharap semua yang terdampak dapat tabah dan sabar menghadapi ujian.

Tsunami di kawasan Banten dan Lampung Selatan pada Sabtu malam, 22 Desember 2018, telah merusak sejumlah bangunan dan rumah warga. Menurut data terkini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban meninggal dunia akibat tsunami hingga Senin (24/12) siang mencapai 281 orang, korban luka 1.061 orang, dan 57 hilang. (sumber)



Posting Komentar

0 Komentar